Ini Gurita Bisnis Erick Thohir, Sosok Kuat Cawapres Prabowo

Berita6 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Erick Thohir menjadi salah satu sosok terkuat calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto yang masuk dalam bursa pemilihan presiden tahun 2024 mendatang. Mengutip data LHKPN 2021, kekayaan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI tersebut Rp 2,3 triliun. Total harta kekayaannya sudah dikurangi dengan utang Rp165 miliar.

Harta kekayaannya terdiri dari 34 tanah dan bangunan di Depok, Bekasi, Bogor, Badung, Pasuruan, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Tangerang, dan Manggarai Barat, dengan nilai Rp 364 miliar.

Kemudian, alat transportasi dan mesin yang meliputi dua mobil Mercedez Bens dan satu motor Honda dengan nilai Rp 1,8 miliar, harta bergerak Rp 27 miliar, kas dan setara kas Rp209 miliar, serta harta lainnya Rp 159 miliar. Lalu, sumber harta kekayaan terbesar Erick tercatat dari surat berharga yakni Rp 1,7 triliun.

Jauh sebelum terjun ke dunia politik, Erick diketahui sebagai pemilik Mahaka Grup yang menaungi stasiun radio, stasiun TV, perusahaan digital, hingga event organizer.

1. Klub Olahraga

Erick diketahui memiliki salah satu bisnis di bidang olahraga. Jiwa bisnis yang mumpuni dengan menggeluti basket, Ia pun sempat dipercaya menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) 2004-2006. Bahkan, Ia juga dipercaya memegang jabatan bergengsi sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) selama tiga periode dengan jabatan terakhirnya pada 2014-2019.

Pengalamannya di bidang olahraga ini membuat Erick melebarkan sayap investasi dengan memiliki saham di klub NBA yakni Philadelphia 76ers. Ia juga sempat memiliki saham di klub internasional Inter Milan dan D.C United.

Baca Juga  Keuntungan Bisnis Online Di Padang

Meski demikian, saham di kedua klub tersebut akhirnya dijual. Usai melepaskan sahamnya di kedua klub bola tersebut, Erick Thohir kembali membeli saham klub sepak bola Oxford United pada November 2018. Ia mengakuisisi 51 persen saham klub bola tersebut. Di liga Indonesia, Erick juga memiliki saham klub sepak bola Persis Solo bersama Kaesang Pangarep.

2. Perusahaan Media

Selain gemar berolahraga dan memiliki bisnis di sana, Erick juga merupakan pendiri dari Mahaka Group yang bergerak di bidang media cetak, media online, televisi, dan radio. Mahaka Group ini juga memiliki lini bisnis bisnis advertising yang menyediakan jasa layanan periklanan.

Mahaka Group juga menaungi perusahaan media PT Republika Media Mandiri yang memproduksi sejumlah media cetak dan online seperti harian Republika dan Republika Online. Selain itu, ia juga memiliki 5-% saham dari salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yakni JAK TV.

3. Event Organizer

Erick juga memiliki bisnis di bidang event organizer setelah dirinya berhasil mengakuisisi 80% saham Alive! Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan layanan brand activation, creative agency, dan event organizer. Perusahaan ini diketahui telah menangani beberapa event besar di Indonesia.

4. Bisnis Kuliner

Erick juga memiliki lini bisnis di bidang kuliner yang dinaungi perudagaan keluarga, PT Trinugraha Thohir (TNT). Beberapa restoran yang berada di bawah kepemilikan keluarga Erick Thohir ini antara lain restoran Hanamasa, Pronto Restaurant, dan Yakun Kaya Toast.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Deretan 5 Cawapres Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling Tajir?

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *